Air Putih, Banyak Manfaatnya !!!

Manfaat Air Putih bagi Kesehatan

Air putih merupakan minuman yang paling baik dan menyehatkan untuk tubuh anda. Tapi pada kenyataannya, banyak diantara kita yang lebih menyukai minuman yang berasa manis yang banyak beredar di warung atau indomaret atau penyetan. Mungkin banyak diantara kita yang tidak mengetahui begitu besarnya manfaat air putih bagi kesehatan anda. Lalu, Manfaat apa saja yang akan kita peroleh dari minum air putih bagi tubuh kita...????
Begitu besar manfaatnya air putih untuk kesehatan anda. Oleh karena itulah, tips kesehatan tidak ketinggalan untuk memberikan informasi kepada anda pembaca setia blog ini. Baiklah, agar anda tidak penasaran lagi tentang berbagai manfaat air putih bagi kesehatan anda. Berikut ini manfaat air putih bagi kesehatan anda :
  1. Air putih akan meningkatkan energi anda saat mengalami kelelahan saat beraktivitas apapun juga. Jadi air putih merupakan minuman yang murah dan menyehatkan bagi tubuh anda.
  2. Air putih akan membantu membuang racun-racun yang ada dalam tubuh anda melalui urine yang anda keluarkan. Untuk itulaha, minum air putih 2-3 liter perhari sangat dianjurkan untuk tubuh anda.
  3. Air putih juga bermanfaat untuk menjaga berat badan anda. Ini dikarenakan air putih mampu menahan nafsu makan anda yang berlebihan. Jadi bagi anda yang yang mengalami masalah berat badan, minum air putih dapat menjadi solusi yang terbaik.
  4. Air putih juga mampu membuat kulit kita lebih segar dan terlihat bugar setiap hari. Sehingga terlihat selalu tampak awet muda dan terhindar dari kulit kusam.
  5. Air putih juga sangat baik untuk kesehatan tulang kita. ini dikarenakan, air putih membantu untuk membuat sel-sel tulang kita yang baru.
  6. Air putih juga ikut membantu proses pencernaan makanan yang kita makan berjalan dengan baik. Sehingga sangat dianjurkan minum air putih yang cukup bagi tubuh kita.
  7. Air putih juga sangat membantu dalam mencegah sembelit yang sering dialami oleh setiap orang dalam kaitannya dengan buang air besar. Minumlah air putih agar masalah sembelit tidak akan anda alami lagi.

Bahaya Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Makan dan minum merupakan dua hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Tanpa dua hal tersebut,  mustahil manusia bisa bertahan hidup sampai sekarang ini. Kebutuhan minum terutama air putih merupakan hal yang harus di penuhi selain makanan yang bernutrisi dan bervitamin. Seperti yang kita ketahui, kandungan air di tubuh manusia mencapai 60 persen. Jadi minum air putih 6-8 gelas sehari merupakan sebuah keharusan untuk kebutuhan tubuh setiap manusia. Lalu, bahaya apakah jika manusia kurang minum air putih bagi kesehatan...????

   Tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang sesuai untuk tubuhnya. Fungsi air dalam tubuh manusia yaitu untuk menjaga kesegaran tubuh, membantu sistem pencernaan agar lebih lancar, mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat dan urine. Air juga berfungsi untuk pelarut, katalisator, pelumas, untuk mengatur suhu tubuh serta sebagai penyedia elektrolit dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sahabat, tips kesehatan. Berikut ini 5 bahaya kurang minum air putih bagi kesehatan :
  1. Air putih sangat baik untuk sel-sel otak kita. Fungsi air putih ini agar otak bisa berpikir lebih cepat, tidak mudah lupa atau pikun dan bisa berkonsentrasi untuk setiap aktivitas yang di jalankan. karena jika kekurangan air terutama air putih akan menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang semestinya mengalir ke otak juga ikut berkurang. Sehingga menyebabkan sel - sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang sebagaimana yang diharapkan.
  2. Bahaya kurang minum air putih berikutnya yaitu terasa haus, tenggorokan terasa kering, suhu badan menjadi panas, terkena gejala sakit kepala, air kencing akan bewarna pekat, denyut nadi yang terasa cepat, gejala halusinasi dan juga berakibat fatal yaitu kematian.
  3. Bahaya kurang minum air putih berikutnya yaitu akan menyebabkan infeksi kandung kemih. Gejala infeksi kandung kemih yaitu suhu badan yang sedikit meningkat, terasa nyeri pada saat buang air kecil bahkan kadang kala terdapat darah dalam urine yang dikeluarkan.
  4. Bahaya kurang minum air putih yang selanjutnya yaitu kulit menjadi kusam atau tidak menunjukkan kulit yang cerah dan awet muda karena aliran darah kapiler di kulit pada tubuh tidak maksimal.
  5. Bahaya kurang minum air putih yang kelima yaitu dapat menganggu fungsi kerja ginjal pada tubuh anda. Ini dikarenakan air putih sangat penting untuk mencegah batu ginjal. Fungsi air putih pada organ ginjal akan membuat komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil yang kita keluarkan setiap harinya. 

Bahaya Jika Kebanyakan Minum Air Putih

Tubuh manusia sangat membutuhkan cairan dalam jumlah yang cukup, Cairan tersebut berfungsi untuk membantu kerja dari sel,- sel, organ dan jaringan di dalam tubuh manusia. Untuk itulah, kita di anjurkan untuk mengkonsumsi air putih dalam dalam jumlah yang cukup. Dalam hal ini, 8 gelas air putih sehari merupakan jumlah yang cukup untuk kebutuhan cairan dalam tubuh anda. Sehingga semua kerja organ tubuh lebih optimal. Lalu, bahaya apakah jika minum air putih berlebihan atau kebanyakan bagi tubuh anda.....????

Jika ada yang bilang, banyak minum air putih akan menyehatkan tubuh kita merupakan anggapan yang salah Semoga setelah membaca artikel ini.Anda akan mengetahui bahwa minum air putih kebanyakan justru dapat membahayakan bagi tubuh kita. Oleh karena itulah, tips kesehatan akan menngetengahkan sebuah artikel yang berguna bagi pembaca sekalian. Sahabat, tips kesehatan, Menurut Times of India Berikut ini 5 Bahaya minum air putih jika kebanyakan :
  1. Jika tubuh kita menerima asupan cairan yang berlebihan akan menganggu kadar kekentalan darah dalam tubuh anda.
  2. Jika kadar keketalah darah kita terganggu maka akan berdampak pula pada terganggunya sistem peredaran dalam tubuh kita.
  3. Ternyata kekentalan darah didalam tubuh akan menurunkan sodium. Sehingga menyebabkan pembengkakan sel dalam tubuh anda.
  4. Resiko terburuk dari pembengkakan sel tersebut yaitu anda akan mengalami pingsan, kejang-kejang dan bahkan bisa menyebabkan anda mengalami yang namanya koma.
  5. Akibat palling buruk dari pembengkakan sel terutama di sel otak yaitu dapat menyebabkan kematian bagi manusia.
            Takaran air yang berlebihan di dalam tubuh kita juga dapat meningkatkan volume darah. Sehingga kondisi tersebut akan memaksa organ ginjal bekerja lebih keras untuk mengurangi jumlah air dalam sistem sirkulasi tubuh anda. Menurut Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) memperkirakan ada sekitar 1600 kasus meninggal di seluruh dunia akibat minum air putih berlebihan. Sumber : aqua, health.liputan6, informasitips).

Itulah beberapa hal mengenai Air Putih, banyak manfaat jika kita meminumnya dalam ukuran atau takaran yang sewajarnya. Sesuatu yang kurang itu juga tidak enak. Yang berlebihan juga tidak enak. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa minum air putih sebelum ngampus atau beraktivitas. Semangat. SIAMO!!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN