KSR ON THE ROAD
World AIDS Day, December 1st 2013
“LINDUNGI PEKERJA, REMAJA, KELUARGA, DAN BANGSA. JAUHI PENYAKITNYA BUKAN ORANGNYA!!!”

Semarang – Siamo!!! Inter Arma Caritas. Bertepatan dengan tanggal 1 Desember sebagai hari HIV/AIDS Internasional, KSR PMI Sub Unit PGSD FIP UNNES beberapa waktu lalu melaksanakan kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap penyebaran penyakit HIV/AIDS yang semakin meluas di kalangan remaja dan orang dewasa. Dalam kegiatatan ini sebut saja KSR on the Road bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat umum untuk lebih mengenal mengenai apa itu HIV dan AIDS, selain itu masyarakat juga diberikan pengetahuan dan pengarahan untuk mencegah penyebaran penyakit HIV/AIDS serta cara penanggulangan penyebaran HIV/AIDS yang tanpa mengenal status sosial dan usia.
Kegiatan KSR on the Road dilaksanakan di sepanjang jalan raya Ngaliyan, tepatnya di sekitar daerah PUJASERA (Pusat Jajanan Selera Rakyat). Sasaran dari kegiatan ini tentu saja untuk masyarakat umum di sekitar daerah tersebut. Tidak hanya untuk para remaja tetapi juga diperuntukkan untuk orang dewasa.
Peserta kegiatan KSR on the Road berasal dari teman-teman pengurus sebagai panita pelaksana kegiatan, anggota baru KSR PMI Sub Unit PGSD FIP UNNES angkatan XXVIII, serta beberapa tamu undangan dari UKM PGSD dan KSR unit lainnya.
KSR on the Road merupakan kegiatan perdana dan trobosan baru dari KSR PMI Sub Unit PGSD FIP UNNES sebagai wujud nyata kepeduliaan untuk kemanusiaan. Aksi sosial ini diawali dengan technical meeting dan persamaan persepsi untuk seluruh peserta di kampus PGSD pukul 18.00 yang dipimpin oleh ketua panitia, Marla Nur Indrianto. Setelah semua persiapan dan perlengkapan kegiatan siap, peserta diberangkatkan menuju ke Ngaliyan untuk selanjutnya berkumpul di kantor Kecamatan Ngaliyan. Sesampainya di Ngaliyan, peserta mendapatkan pengarahan dan bereaving untuk teknis pelaksanaan pembagian brosur dan bunga serta bentuk sosialisasi kepada masyarakat.
Bentuk kegiatan pembagian bunga, brosur, serta sosialisasi ke masyarakat yaitu keseluruhan peserta dibagi menjadi dua tim, yaitu tim barat dan tim timur. Untuk tim barat bertugas melintasi jalan raya dari swalayan GOORI menuju tempat awal. Sedangkan untuk tim timur, yaitu menyusuri sepanjang jalan dari pom bensin Ngaliyan yang selanjutnya berakhir di tempat awal seperti semula yaitu di kantor kecamatan. Di sepanjang jalan, masing-masing tim menyuarakan slogan “Jauhi Penyakitnya, Bukan Orangnya”. Peserta juga membagikan bunga dan brosur kepada masyarakat di sepanjang jalan. “Antusiasme masyarakat dari kegiatan KSR on the road sangat baik sekali, bahkan ada beberapa orang yang meminta penjelasan mengenai apa itu HIV/AIDS kepada kami,” ungkap Marla.
Long march KSR berakhir pukul 20.00 WIB dan semua peserta telah berkumpul di tempat semula. Selanjutnya peserta berkumpul di lapangan voli yang bertepat di depan kantor kecamatan untuk melakukan teatrikal sedeharna yang menggambarkan kesengsaraan orang yang terbelenggu ke dalam lubang hitam seks bebas dan narkoba yang selanjutnya mengidap penyakit HIV/AIDS. Teatrikal ini diiringi dengan alunan musik sederhana dari gitar yang pada akhir cerita semua peserta menyanyikan lagu Jangan Menyerah dari D’masiv.
Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat terdorong untuk melakukan pencegahan HIV/AIDS dengan tetap menciptakan lingkungan yang kondusif, bebas stigma, dan diskriminasi. Sesuai dengan tema peringatan hari AIDS 1 Desember 2013 yaitu “Cegah HIV/AIDS! Lindungi pekerja, keluarga dan bangsa”. Serta sub tema: “Pencegahan HIV & AIDS di lingkungan kerja meningkatkan dunia usaha, masyarakat, dan pemerintah serta melindungi kesehatan keluarga menuju kesejahteraan bangsa, perlindungan terhadap hak untuk mendapatkan akses, serta menciptakan lingkungan yang kondusif, bebas stigma dan diskriminasi”. “Semoga kegiatan seperti ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi kita semua. Siamo!!” Muhammad Fadlan (Koordinator KSR PMI Sun Unit PGSD FIP UNNES).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN