Belajar Jurnalistik itu asik

Sabtu(12/07) Korps suka rela palang merah indonesia sub unit pendidikan guru sekolah dasar Unnes mengadakan pelatihan jurnalistik di ruang 124 gedung baru kampus PGSD Unnes Ngaliyan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus periode 2014-2015. Pemateri pada pelatihan jurnalistik kali ini adalah pak nasir dari PMI Provinsi jateng. Pelatihan ini diadakan bersama dengan buka bersama yang diikuti oleh pengurus KSR PGSD.
Pelatihan ini bertujuan untuk mensukseskan program kerja humas sekaligus sebagai sarana pengurus KSR PGSD dalam mengenal dunia jurnalistik dalam kepalangmerahan, sebuah berita itu sangat penting dalam membantu PMI(palang merah Indonesia) dalam proses pemberian bantuan atau sumbangan ketika dalam bencana, oleh karena itu menulis berita juga harus dikuasai oleh relawan kepalangmerahan khususnya anggota KSR( Korps Suka Rela).
            Pelatihan berlangsung selama kurang lebih satu jam dengan materi jurnalistik, berita, feature dan bagaimana menulis berita dengan adil serta berimbang. Pada materi jurnalistik kali ini pak nasir juga menerangkan bahwa jangan sering menggunakan kata aku ketika menulis berita. Peserta cukup antusias dalam pelatihan jurnalistik ini. Di akhir pelatihan peserta diminta pak nasir untuk langsung praktik membuat berita atau mengedit berita yang sudah ada menjadi lebih baik secara sistematika dan tata aturannya. Menurut beliau sebagus apapun dan sesering apapun kita membaca panduan dan petunjuk menulis jika tidak langsung praktik sama dengan belajar motor tapi hanya membaca panduan motornya saja, artinya hanya pandai teorinya tapi belum pernah praktik.

Dalam kesempatan pelatihan ini peserta mulai mencari tahu secara kelompok mengenai bagaimana menulis berita atau mengedit berita. Kelompok dalam pelatiha ini terbagi menjadi 5 kelompok yang masing masing anggotanya berjumlah 8 orang. Setiap kelompok ditugasi membuat berita atau mengedit berita kemudian dibahas di dalam pelatihan dan dikoreksi bersama. Pak nasir mengingatkan peserta bahwa menulis itu juga perlu deadline. Untuk menulis sebuah berita tidak perlu berlama-lama. Terpenting adalah makna atau tujuan dari berita yang ditulis tersebut dapat tersampaiakan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN