Siaga Bencana dengan VCA - PRA



Semarang, 1 November 2015 pukul 13.00 WIB KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes mengadakan Thunder (Training Humanity and Leadership) yang ketiga dengan materi VCA / PRA di auditorium PGSD FIP Unnes. Pemateri thunder ketiga dari PMI Kota Semarang oleh Bambang.
Apa itu VCA  ? VCA (Vulnerability and Capacity Assessment) adalah pengumpulan informasi yang akan digunakan oleh pihak internal maupun eksternal untuk mengambil keputusan untuk perencanaan pengurangan resiko bencana. Sedangkan  PRA (Participatory Rural Appraisal) merupakan pendekatan dan metode yang digunakan untuk menganalisis masalah kehidupan dalam rangka merumuskan perencanaan bencana dan kebijakan secara nyata yang memungkinkan partisipasi dari masyarakat.
Peserta terlihat aktif dalam mengikuti kegiatan, mulai dari apersepsi dengan permainan "jadikan aku simpananmu" dimana peserta diminta mempromosikan suatu benda untuk dibawa saat bencana, banyaknya mahasiswa yang bertanya tentang materi yang disampaikan,    serta keaktifan  saat praktek membuat pemetaan bencana. Dengan adanya pelatihan mengenai VCA PRA diharapkan mahasiswa dapat mengetahui  perencaan untuk mengurangi resiko bencana.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN