GREGETNYA SIMULASI BENCANA




Diklatsar dan gladi tangguh 2016 memasuki hari ke sembilan (03/02) kegiatan hari ini yaitu materi kepemimpinan dan simulasi bencana. Berbeda dengan hari-hari sebelumnya, kegiatan diklatsar dan gladi tangguh 2016 hari ini bertempat di asrama mahasiswa PGSD Unnes mengenai materi kepemimpinan, yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi bencana tanah longsor di sekitar area kampus PGSD Unnes.
Dalam simulasi bencana tersebut dibagi menjadi beberapa tim. Diantaranya dipimpin oleh Korlap, tim assesment, triage, evakuator, PP, Korban,  Dapur Umum, Tenda, PSP,  RFL, Logistik, Reporter, Distribusi, Keuangan, Administrasi. Sebelum simulasi dimulai, tim korban dikoordinasi terlebih dahulu oleh sie giat untuk pembagian tugas mereka. Kemudian disusul oleh tim assesment untuk mengumpulkan informasi.

Untuk simulasi dibuat dalam kurun hari. Jadi untuk hari pertama yaitu tim Asessment, triage, evakuator, PP, Logistik, Reporter, dan Dapur Umum sebagian, Administrasi. Semua  tim tersebut diberangkatkan untuk membantu bencana di lokasi kejadian. Semua tim semangat berlarian dan membantu korban. Tim evakuator menangani koraban-korban yang luka berat terlebih dahulu untuk dibawa ke collecting area PP. Kegiatan evakuasi dengan menggunakan tandu dan teknik-teknik dalam mengevakuasi menolong korban.

Untuk hari kedua disusul oleh tim tenda, Keuangan, dan DU yang sisa tadi. Tim tenda segera mendirikan tenda-tenda untuk para korban. Diantaranya tenda RSL,  tenda DU, tenda pengungsian, tenda pengungsian, tenda posko, dan bifak.
Selama proses evakuasi masih berlangsung di hari ketiga disusul oleh tim PSP, RFL, Distribusi. Tim tersebut segera menangani korban yang sudah selayaknya mereka tangani. Setelah semua korban selesai dievakuasi dan ditangani dengan balut bidai, tim distribusi memberikan bantuan yang berdatangan serta makanan yang dimasak oleh tim Dapur Umum untuk para korban.  Akhirnya di simulasi hari ini, semua kegiatan dari tiap-tiap tim berjalan dengan lancar sesuai dengan tugasnya masing-masing untuk penanganan korban bencana tanah longsor tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN