Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia
Sub Unit PGSD FIP Universitas Negeri Semarang

Minggu, 02 Oktober 2016



Pemuda sebagai Agen Perubahan
Semarang, 02/10/2016, KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes mengadakan kegiatan Thunder (Training Humanity of Leadership) tentang YABC (Youth as Agent of Behaviour Change) bersama Bapak Hermanto pemateri dari PMI Kota Semarang. Kegiatan ini dilakukan di auditorium kampus PGSD Ngaliyan pada hari Minggu pukul 12.45-16.00 WIB. Berbagai kegiatan dikemas dengan permainan yang menarik, diantaranya kisah keseimbangan (anti kekerasan), berlabel (anti diskriminasi), dan lempar elak (perbedaan gender).
Dalam permainan kisah keseimbangan ini mengajarkan sebuah kepercayaan yang dibangun atas dasar komunikasi. Permainan berlabel memberi pelajaran bahwa dalam kehidupan hendaknya bersikap tanpa memandang status sosial yang disandang. Dan permainan lempar elak mengajarkan peran seseorang sebagai laki-laki atau perempuan memiliki peranan yang berbeda dengan hak dan kewajiban yang berbeda pula, maka dari itu hendaknya kita dapat bersikap menghargai kedudukan kita baik sebagai laki-laki atau perempuan tanpa harus membandingkan posisinya.
Harapan dari kegiatan Thunder pertama ini diantaranya kita pemuda sebagai agen perubahan hendaknya dapat percaya terhadap seseorang atas apa yang telah kita ketahui dari komunikasi yang telah dibangun sehingga dapat timbul kerjasama, dalam kehidupan sosial hendaknya dapat bersikap netral pada semua orang tanpa memandang status sosial yang disandangnya dan dapat menerima hak dan kewajiban tanpa harus membandingkan posisi yang dimilikinya. Dan kita sebagai anggota KSR harus mampu menjadi pemuda yang berperan sebagai agen perubahan. Siamo!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar