Kemah Thunder 2016

Siapkan diri, relawan beraksi
SIAMO !!

Hari Sabtu dan Minggu, tanggal 10 dan 11 Desember 2016 KSR PMI Sub Unit PGSD FIP UNNES melaksanaakan kegiatan Kemah Thunder (Training of Humanity and Leadership) di bumi perkemahan Medini. Kemah Thunder merupakan puncak kegiatan Thunder yang diadakan 2 minggu sekali selama 4 kali pertemuan. Tujuan diadakannya kegiatan kemah thunder untuk meningkatkan rasa kesukarelaan, kebersaman dan kemanusian antar peserta kemah thunder.
            Kegiatan kemah thunder diawali dengan apel pemberangkatan pukul 06.30 WIB yang dilaksanakan di kampus PGSD. Peserta kemah thunder terdiri dari 139 mahasiswa yang terbagi dalam 12 kelompok. Setelah apel selesai, peserta dan panitia menuju ke bumi perkemahan Medini menggunakan 4 truk. Pukul 09.00 WIB kami sampai di lokasi perkemahan dan para peserta segera mendirikan tenda. Setelah tenda berdiri, kegiatan kemah thunder di Medini dimulai dengan keseruan gemes yang dapat meningkatkan kerjasama dan membangun kebersaman antar peserta. Pukul 11.30 gemes selesai, peserta ishoma dan persiapan untuk mengikuti penyampaian materi tentang evakusi dan pembuatan drakbar. Kemudian dilanjutkan dengan breafing simulasi tentang simulasi bencana.
Serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan siang hari dilanjutkan dengan kecerian kegiatan sore yaitu mengunjungi air terjun kecil. Sementara kegiatan pada malam harinya ada api unggun dan pentas seni antar kelompok. Masing-masing kelompok menampilkan berbagai macam pentas seni seperti stand up, drama, menyanyi, tarian modern dan tarian tradisional. Pukul 22.00 WIB pentas seni selesai dan peserta dapat istirahat di tenda masing-masing.

           Hari Minggu yang cerah kegiatan diawali dengan senam pagi bersama, dilanjutkan sarapan bersama. Pukul 07.30 WIB diadakan simulasi bencana yang dapat melatih peserta tanggap dan siap jika ada bencana. Setelah selesai simulasi, dilakukan evaluasi simulasi. Kemudian peserta bersih-bersih tenda, sholat, dan makan siang. Serangkaian kegiatan kemah thunder telah selesai, kegiatan diakhiri dengan apel penutupan dan pengumuman katagori pemenang yaitu pemenang games, pemenang tenda terbersih, dan pemenang pensi. Pukul 13.00 WIB kami pulang menuju kampus PGSD, dan sampai kampus sekitar pukul 15.00 WIB.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN