Rabu Menggebu di DIKLATSAR dan Gladi Tangguh 2017


Semarang, 1 Februari 2017 KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes melaksanakan Diklatsar dan Gladi Tangguh pada hari ketiga. Seperti hari sebelumnya, peserta dibagi menjadi dua ruangan. Ruang pertama berada di Auditorium PGSD FIP Unnes dan ruang kedua di Ruang Gedung Serba Guna. Kegiatan dimulai pukul 07.30-16.30 WIB. 
Di ruangan pertama diisi dengan tiga materi yaitu donor darah yang disampaikan oleh dua orang pemateri yaitu Hilda Eka Yulianti dan Wahyudanti Novindra Putri dari PMI Kota Semarang. Materi donor darah membahas tentang syarat, manfaat, dan alur  dari donor darah. Penyampaian materi berjalan lancar dan interaktif karena antuasiasme dari peserta. Kemudian materi kedua adalah kesehatan  remaja yang disampaikan oleh Dinu Rahman. Penyampaian materi ini tidak hanya ceramah tetapi peserta juga praktik berkelompok. Setelah materi  ini peserta istirahat selama satu jam dan dimulai lagi pukul 13.20 dengan materi  Restoring Family Link atau yang biasa disebut RFL materi ini disampaikan oleh Ratih Dwi A, M.Si. Penyampaian materi ini sangat mendapatkan antusiasme tinggi karena banyak praktik yang dilakukan peserta. Selain itu banyak peserta yang bertanya tentang materi RFL. Sebelum menutup materi pemateri memberi reward kepada para peserta karena peserta yang partisipatif. Materi selesai pukul 16.00 WIB.
Kemudian diruang dua juga tidak kalah seru karena diisi tiga materi juga yaitu anatomi faal, keracunan dan obat, serta perawatan keluarga. Materi pertama anatomi faal yang di sampaikan oleh Dr Adi Khuntor. Materi ini membahas tentang ilmu yang mempelajari tentang susunan tubuh, bentuk tubuh, dan fungsi bagian dari alat atau jaringan tubuh. Setelah materi ini selesai dilanjutkan dengan materi keracunan obat yang masih disampaikan oleh Dr. Adi khuntoro materi ini berjalan selama dua jam dengan diselingi tanya jawab dari peserta dan pemateri. Setelah materi selesai peserta diberi waktu istirahat selama satu jam dan dilanjutkan dengan materi perawatan keluarga. Materi perawatan keluarga disampaikan oleh Subiyono, M.Pd. Perawatan keluarga merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaiman kita merawat keluarga kita sendiri ketika terjadi sakit. Pada materi ini, peserta tidak hanya mendengarkan dan mencatat materi tetapi peserta juga praktik bersama-sama. Setelah praktek selesai dilanjutkan tanya jawab. Materi selesai pukul 16.00 WIB.
Pada akhir kegiatan dilaksanakan post test dikedua ruang dengan soal-soal yang sesuai dengan materi diruang masing-masing. Post test ini dilakukan untuk timbal balik dari materi yang diberikan. Selain itu juga ada penilaian buku tulis peserta. Peserta tampak antusias untuk menerima materi baru  dari pemateri-pemateri yang sudah handal pada bidangnya masing-masing.
Semoga materi-materi yang sudah disampaikan bisa diterima dengan baik dan seksama oleh peserta Diklatsar dan Gladi Tangguh 2017 serta bisa menerapkannya di kehidupan mereka dengan baik dalam kesehariannya








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN