KEMAH THUNDER 2017


 Kami, relawan tangguh
SIAMO !!


Hari Sabtu dan Minggu, tanggal 10 dan 11 Desember 2017 KSR PMI Sub Unit PGSD FIP UNNES melaksanakan kegiatan Kemah Thunder (Training of Humanity and Leadership) di bumi perkemahan Medini Kendal. Kemah Thunder merupakan puncak kegiatan Thunder yang diadakan 2 minggu sekali selama 3 kali pertemuan. Tujuan diadakannya kegiatan kemah thunder untuk meningkatkan rasa kesukarelaan, kebersaman dan kemanusian antar peserta kemah thunder.
            Kegiatan kemah thunder diawali dengan apel pemberangkatan pukul 06.30 WIB yang dilaksanakan di kampus PGSD. Peserta kemah thunder terdiri dari 54 mahasiswa yang terbagi dalam 6 kelompok. Setelah apel selesai, peserta dan panitia menuju ke bumi perkemahan Medini menggunakan 2 truk. Pukul 09.00 WIB kami sampai di lokasi perkemahan dan para peserta segera mendirikan tenda.
Setelah tenda berdiri, kegiatan kemah thunder di Medini dimulai dengan keseruan gemes yang dapat mrningkatkan rasa kerjasama dan solidaritas antar peserta. Pukul 11.30 gemes selesai, peserta ishoma dan persiapan untuk mengikuti penyampaian materi tentang evakusi dan pembuatan drakbar. Kemudian dilanjutkan dengan breafing simulasi tentang simulasi bencana yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Disini peserta kemah thunder dibagi menjadi beberapa tim mulai dari tim asessment, triage,pertolongan pertama dan evakuator yang dikoordinir oleh koordinator lapangan.
Serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan siang hari dilanjutkan dengan kecerian kegiatan sore yaitu mengunjungi air terjun kecil untuk merefrest otak sebelum simulasi esok hari. Sementara kegiatan pada malam harinya ada api unggun dan pentas seni antar kelompok dan beberapa penampilan dari panitia. Pentas seni tersebut diawali oleh penampilan dari ketua panitia dengan menunjukkan bakatnya sulap. Setelah itu, masing-masing kelompok menampilkan berbagai macam pentas seni seperti menyanyi, tarian modern dan tarian tradisional dan puisi berantai yang super unik. Dipenghujung acara pentas seni ditutup oleh penampilan panitia yang menampilkan jingle KSR dengan kompak. Pukul 22.00 WIB pentas seni selesai dan peserta dapat istirahat di tenda masing-masing.



           Hari Minggu yang cerah kegiatan diawali dengan senam pagi bersama sebagai pemanasan sebelum melakukan simulasi bencana , dilanjutkan sarapan bersama. Pukul 07.30 WIB diadakan simulasi bencana yang dapat melatih peserta siap dan tanggap menghadapi bencana. Setelah selesai simulasi, dilakukan evaluasi simulasi serta penyampaian kesan pesan mengikuti simulasi hingga banyak peserta berderai air mata. Kemudian peserta bersih-bersih tenda, sholat, dan makan siang. Serangkaian kegiatan kemah thunder telah selesai, kegiatan diakhiri dengan apel penutupan dan pengumuman katagori pemenang yaitu pemenang games, pemenang tenda terbersih, terfavorit, terempong ,dan pemenang pensi. Pukul 12.30 WIB kami pulang menuju kampus PGSD, dan sampai kampus sekitar pukul 14.30 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN