Hari ke-9 Diklatsar dan Gladi Tangguh


SEMANGAT MEMBARA DI SIMULASI BENCANA

 
24 Januari 2018 – KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes melaksanakan kegiatan simulasi bencana di kampus PGSD Unnes. Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB yang diikuti oleh seluruh peserta Diklatsar dan Gladi Tangguh 2018 Angkatan 32. Peserta yang telah dibagi per tim simulasi dikondisikan di Asrama Putri PGSD Unnes yang kemudian mendapatkan pengarahan dari panitia. Sedangkan untuk peserta yang berperan sebagai korban sudah mempersiapkan diri di Auditorium PGSD. Lokasi yang digunakan untuk simulasi bencana berada di kampus PGSD. Sedangkan bencana yang digunakan untuk simulasi adalah bencana tanah longsor yang sesuai dengan kondisi kampus PGSD sendiri. 



Pemberangkatan dilakukan per tim dibagi menjadi 3 kloter sesuai dengan tugas yang diemban untuk masing-masing tim. Beberapa tim dibentuk seperti tim assesmen, tenda, evakuator, dapur umum dan masih banyak lagi. Dari beberapa tim yang sudah dibentuk dipimpin oleh seorang koordinator lapangan yaitu Hanung Yoga Pratama. Peserta berantusias dalam melakukan simulasi dengan peran masing-masing. Walaupun menguras banyak tenaga tetapi mereka menikmati apa yang mereka lakukan. Seperti yang berperan sebagai dapur umum, mereka sangat senang untuk melakukan praktek memasak secara langsung. Untung saja cuaca mendukung proses pelaksanaan simulasi. Simulasi berjalan dengan lancar. Ditambah dengan suara-suara sirine di beberapa titik menyebabkan suasana simulasi lebih terasa. Kegiatan juga dihadiri oleh beberapa orang dari PMI yang mengamati dan mengikuti proses hingga selesai.
Di akhir kegiatan, dilakukan evaluasi per tim dengan orang-orang PMI kemudian dilanjutkan evaluasi secara menyeluruh dengan seluruh peserta.  Dengan diadakannya simulasi, peserta dapat merasakan bagaimana rasanya ketika berada dalam situasi bencana. Selain itu juga, memberikan pengalaman peserta untuk menerapkan dan mempraktikkan secara langsung ilmu yang telah didapatkan selama diklatsar.
Relawan Hebat, Penuh Semangat…
Siamo!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN