SABTU YANG KURINDU DI DIKLATSAR



20 Januari 2018, hari ke-5 Diklatsar dan Gladi Tangguh KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes berlangsung dengan tertib dan kondusif. Nampak wajah-wajah semangat dari para peserta yang  muncul kembali setelah hari sebelumnya beristirahat sejenak untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial di panti asuhan. Mulai hari ini dilakukan rollingan ruangan peserta dari yang sebelumnya berada di Auditorium berpindah ke ruang GSG, begitu pula sebaliknya.

                Di ruang Auditorium, materi pertama yaitu mengenai perdarahan, syok, dan cedera jaringan lunak (tulang belakang) yang disampaikan oleh Bapak Habib. Penyampaian materi mengulas tentang pengertian perdarahan dan cara membalut luka dengan mitela yang dipraktikkan secara berkelompok. Pengondisian praktik dibantu oleh rekan pemateri yang berasal dari KSR markas PMI. Materi kali ini berlangsung dengan antusias. Materi kedua yaitu Pengantar DM yang disampaikan oleh Bapak Djatmiko. Penyampaian materi sangat menarik antusias para peserta diklatsar walaupun berlangsung di siang hari. Sebelum post test, dibuka sesi tanya jawab oleh pemateri. Kegiatan post test berlangsung dengan tertib dan kondusif.


                Di ruang GSG, materi pertama yaitu Perdarahan dan Cedera Jaringan Lunak yang disampaikan oleh Bapak Didik Setio Nugroho. Penyampaian materi berlangsung dengan menarik disertai dengan praktik pembalutan dengan menggunakan mitela. Para peserta antusias dalam mengikuti praktik terlebih lagi dengan pemateri yang bergaya khas rambut panjang diikat satu menambah ketertarikan dari para peserta untuk memperhatikanmateri yang disampaikan. Materi yang kedua setelah ishoma yaitu Cedera dan Pembidaian yang disampaikan oleh Bapak Danang. Pemateri kali ini disambut dengan sangat meriah oleh para peserta ketika memasuki ruangan. Dengan gayanya yang humoris, pemateri menyampaikan materi dengan sangat jelas dan mudah dipahami oleh seluruh peserta. Penyampaian materi juga diselingi dengan kegiatan praktik membalut dan membidai beberapa jenis luka, misalnya cedera tulang selangka dan tungkai. Sesi tanya jawab dilakukan di setiap sesi yang dibuka oleh pemateri. Kegiatan ditutup dengan post test yang berlangsung dengan kondusif meskipun cuaca di luar sedang hujan. 


                Semoga setelah hari ke-5 diklatsar ini, para peserta semakin semangat dan antusias dalam mengikuti diklatsar yang tinggal tersisa beberapa hari saja serta memperoleh ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.
Relawan Tangguh, Siap beraksi!
Siamo!!! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN