SELASA BAHAGIA DI HARI KEDUA




16 Januari 2018, memasuki hari kedua kegiatan Diklatsar dan Gladi Tangguh Angkatan XXXII KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes dilaksanakan di dua kelas yang berbeda yaitu Auditorium dan Gedung Serba Guna PGSD. Kegiatan diawali dengan pengondisian peserta yang dilanjutkan dengan penyampaian materi di masing-masing kelas.
Untuk kelas pertama, diawali dengan materi RFL (Restoring Family Links) oleh Ibu Ratih Dwi Anggraeni, M.Si yang diselingi dengan simulasi bersama peserta. Selanjutnya, materi kedua yaitu Anatomi Faal yang disampaikan oleh dr. Adi Khuntoro, M.Kes. Materi berlangsung sampai pukul 12.30, kemudian dilanjutkan dengan ishoma. Penyampaian materi yang terakhir oleh Bapak Subiyono, M.Pd,I dengan materi PK (Perawatan Keluarga). Materi tersebut juga diselingi oleh beberapa ice breaking dari pemateri yang menggugah semangat peserta. Kegiatan diselingi dengan tugas kelompok yang diberikan oleh pemateri, kemudian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan. Selanjutnya, yaitu kegiatan sesi tanya jawab oleh peserta tentang materi sebelumnya.

             Untuk kelas kedua, materi pertama yaitu tentang Donor Darah yang disampaikan oleh Ibu Vindra, kemudian dilanjutkan dengan  penyampaian materi kedua tentang Kesehatan Remaja oleh Bapak Dinu Rahman yang dikemas dengan motivasi terlebih dahulu kemudian disambung dengan kegiatan diskusi kelompok mengenai potensi, cita-cita dan hambatan diri. Dari diskusi yang telah dilakukan, dua kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan hasil diskusi. Materi terakhir yaitu Anatomi Faal yang disampaikan oleh dr. Adi Khuntoro, M.Kes, yang sama seperti pada kelas sebelumnya. Beliau membahas tentang struktur dan sistem tubuh manusia seperti bagian-bagian anggota tubuh, sistem tubuh, sistem pernapasan dan masih banyak lagi. Selain materi tersebut, beliau juga menjelaskan tentang materi farmakologi dan keracunan obat. Dari materi yang telah disampaikan, peserta tampak antusias mengajukan pertanyaan kepada Bapak Adi dalam sesi tanya jawab.
Peserta Diklatsar dan Gladi Tangguh tetap semangat mengikuti kegiatan baik di kelas pertama maupun di kelas kedua. Mereka tak hanya menikmati materi yang disajikan tetapi mereka juga menikmati hiburan-hiburan yang ditampilkan oleh panitia. Semoga untuk hari berikutnya, para peserta semakin antusias dan tetap bersemangat dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan hingga harri terakhir.
Cerdas, Tangguh, Berkarakter…
Siamo!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN